MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN TEKNIK PROBING-PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPU- AN KONEKSI MATEMATIK SISWA

  • Mugi Restu Trihana
Keywords: model generatif, teknik probing-prompting, dan koneksi matematik

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran generatif dengan teknik probing-prompting  untuk  meningkatkan  kemampuan  koneksi  matematik  siswa. Kemampuan koneksi matematik adalah kesanggupan siswa dalam menggunakan hubungan topik atau konsep matematika yang sedang dibahas dengan konsep matematika lainnya, dengan pelajaran lain atau disiplin ilmu lain, dan dengan kehidupan sehari-hari dalam menyelesaikan masalah matematika. Model pembelajaran generatif adalah suatu model pembelajaran berbasis konstruktivisme yang menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan  baru  dengan  menggunakan pengetahuan  yang  telah  dimiliki  siswa  sebe- lumnya. Teknik probing-prompting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang  sifatnya  menuntun dan  menggali  sehingga terjadi proses berfikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamanya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Dalam penulisan ini, model pembelajaran generatif diko- laborasikan dengan teknik probing-prompting. Model pembelajaran generatif dengan teknik probing-prompting memberi kebebasan dan  keleluasaan kepada  siswa  untuk  mengem- bangkan kemampuan pemahaman dan metakognitifnya. Guru hanya sebagai fasilitator dan motivator untuk memacu motivasi, dan tanggung jawab siswa dalam suasana yang me- nyenangkan, sehingga materi pembelajaran akan mudah dipahami oleh siswa secara man- diri dan pembelajarannya menjadi lebih bermakna. Dengan demikian, melalui penggunaan model pembelajaran generatif dengan teknik probing-prompting diharapkan dapat mening- katkan kemampuan koneksi matematik siswa.

References

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kumalasari, Ade. 2013. Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Segi Ke- mampuan Koneksi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. [online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10725. Diakses 22 Maret 2014.

Kurniasari, Nila. 2013. Kemampuan Koneksi Matematika pada Kompetensi Dasar Menghitung Luas Permukaan dan Volume Kubus, Balok, Prisma, dan Limas. [online]. Tersedia: http://download.portalgaruda.org/article.php. Diakses 5 April
2014.

Moma, La. 2012. Menumbuhkan Soft Skills Siswa dalam Pembelajaran Matematika me- lalui Pembelajaran Generatif. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pen- didikan Matematika FMIPA UNY. [online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/eprint/10772. Diakses 22 Maret 2014.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sapti, Mujiyem. 2010. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan terhadap Pendekatan Pembelajaran SAVI). [online]. Tersedia: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/limit/article/viewFile/26/247. Diakses 7 April 2014.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Kon- septual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2014-08-04
How to Cite
Restu Trihana, M. (2014). MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN TEKNIK PROBING-PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPU- AN KONEKSI MATEMATIK SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 217-226. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/25