MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

  • Na’imul Chasanah
Keywords: model pembelajaran quantum, pemecahan masalah

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran Quantum untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.   Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa merupakan kemampuan siswa dalam mengkoordinasi pengalaman, pengetahuan, pemahaman dan intuisi dalam rangka mencari jalan keluar atau ide. Di dalam memecahkan masalah, siswa diharapkan mampu memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Dalam pembelajaran matematika seharusnya siswa  mengetahui  apa  manfaat  nya  sehingga  bisa  diterapkan  dalam  kehidupan sehari-hari.  Dengan  menggunakan  model  pembelajaran  Quantum  dapat mempertajam pemahaman dan  daya  ingat,  serta  membuat belajar sebagai  suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Prinsip utama pembelajaran quantum berbunyi “bawalah dunia mereka(pembelajar) ke dalam dunia kita (pengajar), dan antarkan  dunia  kita  (pengajar)  ke  dalam  dunia  mereka  (pembelajar).  Dengan kekuatan AMBAK (Apa Manfaat BagiKu) dari permasalahan kehidupan sehari-hari maka  memungkinkan siswa  akan  antusias  dan  tertarik  dalam  mengikuti  proses pembelajaran, sehingga  diharapkan dapat  meningkatkan  kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

References

Amin Suyitno. 2004. Belajar dan Pembelajaran . medan : FIS UNIMED.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk Matematika SMP-MTs. Jakarta: BSNP.

Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

De Porter, Bobbi, Reardon Mark, Singer Sarah dan Nourie. 2000. Quantum Teach- ing. Editor, Hernacki, Mike. Diterjemahkan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta.

Erman Suherman dkk. (2001). Common textbook : Strategi dan Pembelajaran Ma- tematika Kontemporer. Bandung: JICA_UPI.
Hudoyo, H. 1988. Strategi Mengajar Matematika. Jakarta: DepDikbud.

Lidiawati Santioso, Lucy. 2010. Mendidik Sesuai dengan Minat & Bakat Anak. (Cetakan ke-2). Jakarta: PT Tangga Pustaka.

Meier, Dave. 2010. The Accelerated Learning. Bandung: Kaifa.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Published
2014-08-04
How to Cite
Chasanah, N. (2014). MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 227-234. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/26