ANALISIS TITIK IMPAS DAN OPTIMASI PRODUKSI MENGGUNAKAN PROGRAM LINEAR

  • Dewi Rimbasari
  • Lilik Linawati
  • Bambang Susanto
Keywords: Titik Impas, Break Even Point, Optimasi Produksi, Program Linear, Analisis Sensitivitas

Abstract

Suatu perusahaan makanan ringan yang menghasilkan beberapa jenis produk untuk dijual perlu mempertahankan tingkat produksi setiap jenis pada suatu nilai tertentu agar tidak merugi, untuk itu digunakan analisis titik impas atau Break Even Point (BEP) sebagai batas minimum produksinya. Dalam perencanaan produksi, selain titik impas terdapat kendala-kendala lain yang perlu diperhatikan seperti : besarnya permintaan pasar, ketersediaan bahan baku, ketersediaan tenaga kerja dan sarana lainnya. Pada penelitian ini jumlah optimum masing-masing produk yang harus diproduksi ditentukan dengan menggunakan metode Program Linear. Dari hasil analisis titik impas terhadap 6 produk makanan ringan yang diproduksi oleh perusahaan didapat jumlah setiap produk pada titik impas dan besarnya laba. Model Program Linear yang disusun dengan memperhatikan berbagai kendala yang ada untuk memaksimalkan laba total, diperoleh penyelesaian optimum yang menghasilkan laba Rp. 37.916.300 per bulan. Berdasarkan analisis terhadap penyelesaian optimal, dapat disarankan kapasitas produksi masih dapat ditingkatkan dengan menambahkan banyaknya bahan baku utama sebanyak sekitar 1,43%.

References

Horngren, Charles T., Datar, Srikant M., & Foster George. 2008. Akuntansi Biaya Penekanan Manajerial. Jakarta: Erlangga.

Sari, Nilam., Lien, Damayanti. 2008. Analisis Titik Impas (BEP) Virgin Coconut Oil pada KUB “Yevo Mulia” Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggola. The Journal J. Agroland 15(2) : 129-134. ISSN : 0854-641X.

Setiawan, Hendra., Wahyudi. 2005. Penerapan Break Even Point dalam Menetapkan target Penjualan (Studi Kasus pada Hotel Mirah). The Journal Ranggagading. Volume 5 No. 2: 106-112.

Sya’diyah, Magfirotus., Suharto, Bambang., W, J Bambang Rahadi. 2013. Studi Optimasi Pola Tanam Untuk Memaksimalkan Keuntungan Hasil Produksi Pertanian Di Jaringan Irigasi Manyar Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Dengan Menggunakan Program Linier (Solver). The Journal Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Vol 1 No 1.

Taha, Hamdi A. 2007. Operations Research: An Introduction. Pearson Prentice Hall.

Taylor III, Bernard W. 2008. Introduction To Management Science. Jakarta: Salemba Empat.

Wijayanti, Suci Mulya. 2013. Analisis Break Even Point Sebagai Salah Satu Alat Perencanaan Penjualan Dan Laba (Studi Pada PT. Ultrajaya Milk Industry dan Trading Company Tbk). The Journal Administrasi Bisnis. Volume 5 No. 2.
Published
2014-08-04
How to Cite
Rimbasari , D., Linawati , L., & Susanto , B. (2014). ANALISIS TITIK IMPAS DAN OPTIMASI PRODUKSI MENGGUNAKAN PROGRAM LINEAR. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 305-318. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/33