ANALISA DATA IKLIM BOYOLALI DENGAN REGRESI KLASIK DAN METODE GSTAR

Authors

  • H.A Parhusip
  • Winarso

Keywords:

regresi, pendekatan kuadrat terkecil, utoregresi, GSTAR

Abstract

Beberapa aspek iklim di Boyolali dianalisa pada makalah ini secara multivariat. Aspek-aspek tersebut adalah curah hujan, tekanan udara , kelembaban dan produksi padi pada kurun waktu tertentu.

Data terlebih dahulu diuji distibusinya kemuduan dilakukan analisa menggunakan regresi multivariat. Beberapa data yang tidak berdistribusi normal ditransformasi kemudian dilakukan analisa dengan cara yang sama. Analisa regresi yang digunakan merupakan regresi klasik (hubungan linear antara variabel bebas dan takbebas dan juga autoregresi karena data merupakan data runtun waktu. Setelah itu digunakan juga metode GSTAR karena data juga tergantung lokasi dan waktu.

References

Borovkova, S.A, Lopuhaa, H. P. dan Ruchjana. B. N., 2002. Generalized STAR model with experimental weights. In M. Stasinopoulos and G. Tauloumi (Eds.). Proceedings of the 17th International Workshop on Statistical Modeling. China.

Candiasa, I Made. 2003. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi dengan SPSS. Singara- ja.Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja

Dewi, V.P, Parhusip,H,A, Linawati, L., Analisa Hasil Panen Padi menggunakan Pemodelan Kuadratik, prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES 26 Oktober 2013, ISBN 978-602-14724-7-7, Semarang.

Johnson, R.A., & Wichern, D.(2007). Applied Multivariat Statistical Analysis.New Jer- sey:Prentice Hall.

Faizah L.A dan Setiawan. 2013. Pemodelan Inflasi di Kota Semarang, Yogyakarta, dan Surakarta dengan pendekatan GSTAR. Jurnal Sains Dan Seni Pomits Vol 2, No2, 2337-3520 (2301-928X Print).

Horn R.A , Johnson C.A. 1985.Matrix Analysis.USA:Cambrig University Press. Ruchjana. B. N, 2002. Pemodelan Kurva Produksi Minyak Bumi Menggunakan Model Generalisasi STAR. Forum Statistika dan Komputasi. IPB : Bogor.

Peressini A.L, Sullivan F.E & Uhl J., 1998. The Mathematics of Nonlinear Programing, Springer Verlag, New York,Inc.

Putranto, H.D. , -. Analisis Ekuitas Merek Sepeda Motor Honda terhadap Keputusan Pembelian dan Perilaku Pasca Beli Menggunakan Structural Equation Model- ling (SEM). Semarang. Unit Penerbitan Universitas Negeri Semarang

Suhartono dan Subanar., 2006. The Optimal Determination of Space Weight in GSTAR Model by using Cross-correlation Inference.Journal Of Quantitative Methods : Journal Devoted To The Mathematical and Statistical Application in Various Fields.

Wei, William W.S, 2006. Time Series Analysis Univariate and Multivariate Methods. USA: Temple University.

Downloads

Published

2014-08-04

How to Cite

Parhusip, H. ., & Winarso. (2014). ANALISA DATA IKLIM BOYOLALI DENGAN REGRESI KLASIK DAN METODE GSTAR. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 319–332. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/34