STUDI TINGKAT KEMISKINAN DI INDONESIA DENGAN ANALISA DIS- KRIMINAN ECM DAN METODE FISHER

  • Hanna Arini Parhusip
  • Angelita Titis Pertiwi
Keywords: analisis diskriminan, aturan minimum ECM, analisis diskriminan Fisher

Abstract

Pada tulisan ini akan diterapkan salah satu metode dari analisis diskriminan yai- tu aturan minimum  ECM pada data kemiskinan kota dan desa seluruh provinsi di Indo- nesia tahun 2013 secara bersamaan. Akan diterapkan juga metode diskriminan analisis yaitu metode analisis diskriminan Fisher untuk mempertajam analisa dengan meneliti data kemiskinan kota dan desa secara terpisah.

Dengan pendiskriminasian ini dapat disarankan provinsi mana saja yang tergo- long sangat miskin dan perlu mendapatkan perlakuan khusus. Selain itu dibuat pula simulasi untuk mengetahui apakah kemiskinan di seluruh provinsi di Indonesia merata dengan membangkitkan bilangan random yang dikonstuksi menjadi data yang kem- iskinannya rendah dibanding data yang diteliti. Program MATLAB R2009a digunakan untuk membantu dalam perhitungan dalam tulisan ini.

Dari penelitian ini diketahui bahwa Jawa Timur memiliki tingkat kemiskinan paling rendah, kemudian disusul oleh Jawa Tengah. Provinsi yang tingkat kemiskinannya pal- ing tinggi adalah DKI Jakarta, untuk itu pemerintah harus memberi perhatian khusus pada provinsi tersebut, terlebih Jakarta merupakan Ibu Kota negara

References

Cahyawati, D., Dwipurwani, O. 2011. Aplikasi Analisis Diskriminan dalam Menen- tukan Fungsi Ppengelompokan Anak Putus Sekolah Pendidikan Dasar. Prosiding Kon- ferensi Nasional Sains dan Aplikasinya., http://eprints.unsri.ac.id/192/2/Makalah%2520Lengkap_DIAN_UNSRI.pdf/, diakses 10 Maret 2014.

Johnson, R. A. dan Winchern D. W. 1992. Applied Multivariate Statistical Analysis. Prentice Hall, Englewood Cliffs. New Jersey.

Misbahuddin, Hasan, Iqbal. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Edisi ke-2. Bumi Aksara. Jakarta

Sharma, S. 1996. Applied Multivariate Techniques. Jhon Wiley & Sons, Inc. New York.

Supardi, U. S. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Edisi Revisi. Smart. Jakarta

Richardson, M., Smith, Tom. 1993. A Test for Multivariate Normality in Stock Returns. Journal for Bussines, volume 66, Issue 2 (Apr., 1993), 295-321.
Published
2014-08-04
How to Cite
Arini Parhusip, H., & Titis Pertiwi, A. (2014). STUDI TINGKAT KEMISKINAN DI INDONESIA DENGAN ANALISA DIS- KRIMINAN ECM DAN METODE FISHER. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 333-346. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/35