INTERVAL KONFIDENSI UNTUK SATU PARAMETER DISTRIBUSI EKSPONENSIAL DI BAWAH SENSOR LENGKAP (Studi kasus data waktu tunggu bencana puting beliung di bulan April 2014)

Authors

  • Margiansyah Fitra
  • Akhmad Fauzy

Keywords:

eksponensial, interval, puting beliung, sensor lengkap

Abstract

Distribusi eksponensial adalah distribusi yang sangat penting dalam analisis uji hidup. Yang membedakan analisis uji hidup dengan kajian statistik yang lain adalah adanya penyensoran. Sensor lengkap adalah sensor dimana semua objek atau indi- vidu dapat diobservasi semua. Puting beliung adalah salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah waktu tunggu bencana puting beliung di bulan April 2014. Fokus penelitian adalah mengestimasi interval konfidensi untuk satu parameter distribusi eksponensial di bawah sensor lengkap dengan menggunakan data waktu tunggu bencana puting beliung.

References

Bain, Lee J. and Max Engelhardt. 1992. Introduction to probability and mathematical statistics. Second edition. Boston: PSW-KENT Publishing Company.

Bakornas. 2005. Panduan pengenalan karakteristik bencana dan upaya mitigasinya di Indonesia. Set. Bakornas PBP.

Birolini, A. 2004. Reliability engineering: theory and practice (4th ed). Berlin: Spring- er-Verlag.

BNPB. 2013. Data kebencanaan. www.bnpb.go.id. Diakses 1 Mei 2014.

Bury, K. 1999. Statistical distributions in engineering. Cambridge: Cambridge Univer- sity Press.

Collett, D. 2003. Modeling survival data in medical research (2nd ed.). London: Chap- man & Hall.

Dory, M., Parrish, A., and Berg, B. 2012. Introduction to tornado. Sebastopol: O’Reilly Media

Ireson, W. G. 1996. Handbook of reliability engineering and management (2nd ed.). New York: McGraw Hill.

Klein, J. P. & Moeschberger, M. L. 2003. Techniques for censored and truncated data (statistics for biology and health) 2nd ed. New York: Springer-Verlag.

Kleinbaum, D. G. & Klein, J. P. 2005. Survival analysis: A self-learning text (statistics in the health sciences) 2nd ed. New York: Springer-Verlag.

Lawless, J. F. 2003. Statistical models and methods for lifetime data (2nd ed.). New York: John Wiley & Sons.

Pham, H. 2003. Handbook of reliability engineering. London: Springer-Verlag.

PSBA. 2008. Waspadai puting beliung. http://geo.ugm.ac.id/waspadai-puting-beliung/ Diakses 20 April 2014.

Richards, S.P. 2012. Tornado spring (free spirit adventures). UK Published. Wolstenholme, L. C. 1999. Reliability modeling: a statistical approach. Florida: Chap- man & Hall.

Downloads

Published

2014-08-04

How to Cite

Fitra, M., & Fauzy, A. (2014). INTERVAL KONFIDENSI UNTUK SATU PARAMETER DISTRIBUSI EKSPONENSIAL DI BAWAH SENSOR LENGKAP (Studi kasus data waktu tunggu bencana puting beliung di bulan April 2014). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 377–382. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/40