UJI JONCKHEERE-TERPSTRA UNTUK MENGUJI HIPOTESIS TANDINGAN BERURUT

  • Tanti Nawangsari
Keywords: Uji Jonckheere-Terpstra, pengujian hipotesis, hipotesis tandingan berurut

Abstract

Metode  statistika  inferensial  yang  dapat  digunakan  untuk   membandingkan  k   sampel independen adalah analisis ragam satu arah, uji Kruskal-Wallis, Uji Median dan Uji Van der Waerden. Hipotesis yang diuji dalam analisis ragam satu arah adalah H0: m1  = m2  = ... = mk lawan H1: Tidak semua m sama besar. Sedangkan hipotesis yang diuji dalam uji Kruskal- Wallis, Uji Median dan Uji Van der Waerden adalah H0: Me1  = Me2  = ... = Mek lawan H1: Tidak semua Me sama besar. Apabila seorang peneliti ingin menguji H0  yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan median di antara k sampel independen lawan H1 yang menyatakan bahwa median di antara k sampel independen mengikuti urutan tertentu maka hipotesis tandingan seperti ini disebut hipotesis tandingan berurut. Salah satu uji yang dapat digunakan untuk  menguji  hipotesis  tandingan  berurut  adalah  uji  Jonckheere-Terpstra.  Tulisan  ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana langkah-langkah dalam uji Jonckheere-Terpstra dan bagaimana contoh penerapan uji Jonckheere-Terpstra dalam bidang pendidikan.

References

Dajan, A. 1986. Pengantar Metode Statistik, Jilid II. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Daniel, W.W. 1989. Statistika Nonparametrik Terapan. Jakarta: PT Gramedia.

Nawangsari, Tanti dan Nurfalah, Edy. 2014. Mengolah Data dengan IBM SPSS Statistics 19. Tuban: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Siegel, S. 1985. Statistika Nonparametrik Terjemahan M.Sudrajat S. W. Bandung: Armico.

Susetyo, B. 2010. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.
Published
2014-08-14
How to Cite
Nawangsari, T. (2014). UJI JONCKHEERE-TERPSTRA UNTUK MENGUJI HIPOTESIS TANDINGAN BERURUT. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 451-460. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/62