Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) disertai Assessment for Learning (AfL) untuk meningkatkan Kreativitas Mahasiswa pada Matakuliah Metodologi Penelitian
Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Projek (PBP), metodologi penelitian, kreativitas mahasiswaAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di program studi pendidikan Matematika
IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2013/2014. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) disertai Assessment for Learning (AfL) yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada matakuliah metodologi penelitian dan peningkatan kreativitas mahasiswa pada matakuliah metodologi penelitian melalui penerapan PBP disertai AfL. Hasil Penerapan PBP disertai AfL difokuskan pada aktivitas dosen, mahsiswa, bentuk projek yang diberikan kepada mahasiswa. Peningkatan Kreativitas mahasiswa dinyatakan dalam kemampuan menyusun proposal penelitian, kemampuan melakukan dan mengkomunikasikan hasil penelitian. Data aktivitas dosen, mahasiswa, dan data bentuk bentuk projek yang diberikan kepada mahasiswa dianalisis dengan analisis diskriptif kualitatif. Data peningkatan kreativitas mahasiswa dianalisis dengan membandingkan skor mahasiswa dengan KKM (75) dan peningkatan skor belajar selama 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) disertai Assessment for Learning (AfL) yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada matakuliah metodologi penelitian dilakukan dengan keaktifan dosen dalam mengevaluasi karya mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian setiap pertemuan, mahasiswa pada setiap pertemuan selalu merevisi proposal penelitian berdasarkan masukan dari dosen dan teman sejawat, sedangkan bentuk projek yang diberikan kepada mahasiswa berupa tugas penyusunan proposal penelitian kuantitatif atau kualitatif sesuai kreativitas mahasiswa. Rerata kreativitas mahasiswa berdasarkan indikator kreativitas pada aspek kefasihan dan kebaruan di siklus I lebih besar
75, tetapi pada aspek fleksibilitas hanya mencapai 70,3; sehingga belum memenuhi indikator keberhasilan. Rerata tiap indikator kreativitas mahasiswa pada siklus II lebih besar 75 sehingga memenuhi indikator keberhasilan. Secara keseluruhan mahasiswa mengalami peningkatan kreativitasnya.
Referensi
Colley, K. 2008. Project-Based Sciense Instruction. The Science Teacher, 74(8):23-28.
Jaya, Sang Putu Sri. 2013. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. (http:), diakses 20 Februari 2014.
Mahmudi, Ali. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Matematis. Makalah Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, 30 Juni sampai 3 Juli. 2010.
Pehkonen, Erkki. 1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity., Vol. 29, No. 3, 230-245.
Petrosina, A. 2009. Project-Based-Learning: Background Knowledge and Theory. Madison: Wisconsin Center for Education Research.
Railsback, J. 2002. Project-Basic-Learning: Creating Excitemen for Learning. Northwest Regional Educational Laboratory.
Samayasa, Natajaya, dan Candisa. 2013. Pengembangan Modul Matematika Realistik disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. (http:), diakses 20 Februari 2014.
Silver, Edward A. 1997. Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. Vol. 29, No. 3, 237-289.
Siswono, T. Y. E. 2008. Kumpulan Karya 2005-2007. Surabaya: UNESA Press.
Stiggins, R. & Chapuis, J. 2006. What a difference a word makes: Assessment FOR learning rather than assessment OF learning helps students succeed. (http://www.nsdc.org/library/pubications/jsd), diakses 5 Januari 2009.
Young, E. 2005. Assessment for learning: Embedding and extending. (http://www.ltscotland.org.uk/assess/for/index.asp pada 5 Januari 2008).
Zainudin, M. 2013. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) terhadap Kreativitas Mahasiswa pada Matakuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Karya Ilmiah IKIP PGRI Madiun. (http:// http://www.ikippgrimadiun.ac.id/ ejournal/id/ejournal/authors/term/33/_/728), diakses 20 September 2013.