PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN, KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Authors

  • Siti Sunderi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Kemandirian, Media Pembelajaran, Kreativitas, Kecerdasan Emosional, Hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar, pemanfaatan media pembelajaran, kreativitas dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI-IPS SMAN 1 Kerek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 68 siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas sedangkan untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, terdapat hubungan linier antar variabel, tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pada uji T menjelaskan bahwa thitung X1 sebesar (7,129) > ttabel 1,998 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. thitung X2 sebesar (2,019) > ttabel 1,998 dengan taraf signifikan 0,048 < 0,05 maka H0 ditolak. thitung X3 sebesar (2,289) > ttabel 1,998 dengan taraf signifikan 0,025 < 0,05 maka H0 ditolak. thitung X4 sebesar (4,760) > ttabel 1,998 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Kemudian pada hasil uji F secara simultan variabel X berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y dengan nilai Fhitung (21,225) > Ftabel (2,51) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh variabel X ke Y sebesar 57,4%.

References

Dumiyati, D., & Aeni, C. (2021). E-learning management to improve student learning independence in the covid-19 pandemic era. Vidya Karya, 36(2), 75-83

Dumiyati, D., A. Wardhono, and E. Nurfalah. "Dissemination of ICT-Based Learning Models to Improve Student Learning Independence in Higher Education." ICONEBS 2020: Proceedings of the First International Conference on Economics, Business and Social Humanities, ICONEBS 2020, November 4-5, 2020, Madiun, Indonesia. European Alliance for Innovation, 2021.

Banurea, A. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Muhammadiyah Gunung Meriah Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation).

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Tamara, H. N., Rizal, Y., & Rufaidah, E. (2019). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN, KREATIVITAS, KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 7(5).

Supanti, S., & Hartutik, I. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemandirian Siswa Pada Materi Sistem Koloid Dengan Metode Inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1).

Syahputra, D. (2017). Pengaruh kemandirian belajar dan bimbingan belajar terhadap kemampuan memahami jurnal penyesuaian pada siswa SMA Melati Perbaungan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 368-388.

Dumiyati, D., Wardhono, A., & Nurfalah, E. (2019). Kepraktisan Dan Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis ICT. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 1–14.https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n1.p1-14

Dumiyati, D., Agus Wardhono, & Edy Nurfalah. (2019). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN MEDIA AUDIOBOOK DAN QUIZ I-SPRING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR . Prosiding SNasPPM, 4(1), 52–57. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/283

Falahudin, Iwan. "Pemanfaatan media dalam pembelajaran." Jurnal Lingkar Widyaiswara 1.4 (2014): 104-117.

Suyitno, Ade (2012). Data Badan Pusat Statistik (BPS).

Sadiyah, M. (2014). Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan biologi Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan.

Hermawan, Budi, Dewi Prihatini, and Ema Desia Prajitiasari (2015). "Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Santri Melalui Motivasi Belajar Di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi."

T. Suhaila, Henny Indrawati dan Hardisem Syabrus. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa IPS Kelas XI SMA YLPI Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 2 FKIP Universitas Riau.

Yulianti, T., Herkulana, H., & Achmadi, A. (2015). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1).

Utami, N. T., and, Djumali. (2014). Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Parera, Helena Rosalia. "Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Ekonomi." Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi 3.2 (2018): 95-105.

Jabar, Abdul, and Indah Budiarti. "Pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin." Math Didactic 2.2 (2016): 85-90.

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS” Edisi Sembilan. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Sunderi, S., & Dumiyati. (2022). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN, KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 328–337. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1299