PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD

Authors

  • Sri Widiastuti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Komik Digital, Media Pembelajaran, pecahan, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan di SDN Gedongombo VI Semanding Tuban yang dilatarbelakangi oleh sebagian siswa menganggap bahwa mata pelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan pendidikan karakter yang ditanamkan masih kurang, sehingga persepsi tersebut membuat siswa malas berfikir khususnya pada materi pecahan. Karena selama kegiatan pembelajaran guru SD tidak banyak menggunakan media pembelajaran dan metode yang diterapkan yaitu metode ceramah. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan, jenuh dan kesulitan dalam memahami makna pecahan suatu bagian dari keseluruhan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan inovasi media pembelajaran matematika pecahan dengan mengukur seberapa valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan ini dilakukan menggunakan model ADDIE, yang dilakukan dengan menganalisis instrumen penelitian berupa lembar validasi para ahli, lembar angket respon guru dan siswa, serta hasil tes siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validitas dari ahli media diperoleh 90%, hasil validitas ahli materi 95%, dan hasil validitas ahli bahasa sebesar 80%, kepraktisan produk diperoleh presentase 82% dari angket respon guru dan 90% dari angket respon siswa dan keefektian produk diperoleh 85% dari 17 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dengan pemahaman nilai karakter yang ditunjukkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis pendidikan karakter yang dikembangkan ini valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar.

References

N. L. W. Kusumadewi, I. W. Gunartha, and P. W. Ariawan, “Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 9, no. 1, pp. 103–116, 2022, doi: 10.38048/jipcb.v9i1.660.

S. Sihombing, H. R. Silalahi, J. R. Sitinjak, and H. Tambunan, “Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran dalam Jaringan,” J. Pendidik. Mat. (JUDIKA Educ., vol. 4, no. 1, pp. 41–55, 2021, doi: 10.31539/judika.v4i1.2061.

P. D. I. Sd, “IRJE : JURNAL ILMU,” vol. 2, no. 2, pp. 637–644, 2022.

T. Nurrita, “Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa,” vol. 03, pp. 171–187, 2018.

Y. Farhan Saefudin Wahid, Alim Mutaqin, “Dasar, S. (2021). Dasar, S. (2021). http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI Vol.16 No.5 Desember 2021 Open Journal Systems. 16(5), 6873–6882. 16(5), 6873–6882.Dasar, S. (2021). http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI Vol.16 No.5 Desember 2021 Op,” J. Binawakya, vol. 16, no. 5, pp. 6873–6882, 2021.

N. A. Ika and W. Wiratsiwi, “Pengembangan komik digital berbasis pendidikan karakter menggunakan aplikasi web pixton untuk siswa kelas Vi,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masy., vol. 7, no. 1, pp. 269–273, 2022, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1266

A. J. Evinna Cinda Hendriana, “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan,” Tarbawi J. Keilmuan Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 02, p. 249, 2017, doi: 10.32678/tarbawi.v3i02.1952.

A. Vitriani, D. S. Fauziya, S. Aryana, and I. Siliwangi, “Penggunaan Media Karikatur Berbasis Aplikasi Ibis Paint X Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas Xi Sma,” Kelas Xi Sma|, vol. 87, pp. 87–100, 2022.

D. A. Prihanto and T. N. H. Yunianta, “Pengembangan Media Komik Matematikapada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” MAJU J. Ilm., vol. 5, no. 1, pp. 79–90, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/137

A. K. Dewi and A. M. Surur, “Pengembangan Media Komik sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan untuk Siswa SD pada Masa Pembelajaran Daring di Desa Rejowinangun,” J. Literasi Digit., vol. 1, no. 3, pp. 174–179, 2021, [Online]. Available: https://pusdig.my.id/literasi/article/view/67

S. Haryati, “Research And Development( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam,” Academia, vol. 37, no. 1, p. 13, 2012.

N. Nababan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI SMAN 3 Medan,” J. Inspiratif, vol. 6, no. 1, pp. 37–50, 2020.

T. W. Ningtiyas, P. Setyosari, and H. Praherdiono, “Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran Ipa Bab Siklus Air Dan Peristiwa,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 115–120, 2019, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7997/3956

S. Nabila, I. Adha, and R. Febriandi, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3928–3939, 2021, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1475

W. A. Panjaitan, E. J. Simarmata, R. Sipayung, and P. J. Silaban, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 1350–1357, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.549.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Sri Widiastuti, & Wendri Wiratsiwi. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD. Prosiding SNasPPM, 8(1), 128–135. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2203