PEMASARAN ONLINE SEBAGAI SOLUSI PENJUALAN IKAN ASAP PADA POKLAHSAR KARANGSARI DI MASA PANDEMI

  • Marita Ika Joesidawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Suwarsih Suwarsih
  • Sriwulan Sriwulan

Abstract

Kelurahan Karangsari merupakan daerah yang potensial di Kabupaten Tuban untuk dilakukan pengembangan  usaha ikan asap. Hal ini dikarenakan, di wilayah ini  terdapat usaha pengasapan ikan yang didukung oleh hasil tangkapan ikan laut yang cukup melimpah. Para penjual ikan asap di Kelurahan Karangsari tergabung dalam Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Asap, salah satunya adalah Poklahsar Karangsari. Jenis ikan asap yang diproduksi salah satunya adalah ikan tongkol. Ikan asap tongkol yang diproduksi oleh Poklahsar Karangsari berkisar antara 15-20 kg/ hari dengan harga jual kisaran 5000- 25000 rupiah/tusuk. Selama ini penjualan produk ikan asap dilakukan di pinggir jalan pantura Surabaya-Semarang dengan produk dibiarkan terbuka tanpa kemasan. Selama ini pembeli produk ikan asap tersebut merupakan masyarakat sekitar atau pengguna jalan yang lewat di jalan pantura Surabaya-Semarang. Adanya pandemi menyebabkan jumlah pembeli terutama dari pengguna jalan berkurang drastis. Hal ini berdampak pada pendapatan masyarakat. Di sisi lain, produk yang dibiarkan terbuka dan terpapar udara tanpa pengemasan akan lebih mempercepat proses oksidasi sehingga daya simpan ikan menjadi lebih singkat dan mempercepat penurunan mutu ikan asap. Oleh karena itu tujuan dari program ini adalah membantu mitra dalam melakukan pemasaran online, sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan produk ikan asap. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dengan melakukan transfer IPTEK, pelatihan dan pendampingan dalam melakukan pemasaran online produk ikan asap. Hasil analisis kuesioner yang diisi mitra menunjukkan bahwa 100% peserta menganggap kegiatan ini bermanfaat dan 90% peserta menyatakan akan melakukan kegiatan pemasaran online sebagai salah satu upaya meningkatkan penjualan produk ikan asap di masa pandemi

References

H. D. Fadly and S. Sutama, “Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19,” J. Ecoment Glob. Kaji. Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 2, pp. 213–222, 2020.

B. Supradono, “Strategi Pemasaran Lewat Internet (Cybermarketing),” VALUE ADDED| Maj. Ekon. DAN BISNIS, vol. 4, no. 1, 2007.

T. Anggraini, “Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu Ditinjau Dari Ekonomi Islam.” IAIN Bengkulu, 2017.

Akun Digital, “7 Strategi Pemasaran Online Marketing Terbaru untuk Bisnis Anda,” Digital marketing, 2020.

Hestanto, “Konsep Dasar Pemasaran Online,” Online marketing, 2020.

N. Berliani, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SECARA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA CLOTHING PADA TOKO BAROKAH23STORE BANJARMASIN.” Universitas Islam Kalimantan MAB, 2020.

M. I. Joesidawati and S. Suwarsih, “PELATIHAN PRODUK TONGKOL ASAP ‘SEHI’ ,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1 SE-Articles, Sep. 2019, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/257.

K. Nisa, A. Laili, S. Qolbiyatul, and M. Suyanto, “Strategi pemasaran online dan offline,” J. Abdikarya J. Karya Pengabdi. Dosen dan Mhs., vol. 1, no. 1, 2018.

N. Annisa, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (Studi Kasus pada Pemasaran Online di ‘REALInc Store’).” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2014.

D. Kurniawati and N. Arifin, “Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa,” J. SIMBOLIKA Res. Learn. Commun. Study, vol. 1, no. 2, 2015.

I. Syafira, “Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran online pada Busana Muslim Siva di Sidoaarjo.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.

D. Puntoadi, Menciptakan Penjualan via Social Media. Elex Media Komputindo, 2011.

R. A. A. Asse, “Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar),” KAREBA J. Ilmu Komun., pp. 219–231, 2018.

N. Rizky and S. D. Setiawati, “Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai Komunikasi Pemasaran Online,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 2, pp. 177–190, 2020.

O. J. Imanuel, “Analisis keputusan pembelian konsumen melalui media online (E-marketing),” J. Ekon. Univ. Esa Unggul, vol. 4, no. 2, p. 17909, 2013.

N. A. Putri, “Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion Melalui Evaluasi Benchmarking,” PERFORMA J. Manajeman dan Start-up Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2016.

D. Arista and S. R. T. Astuti, “Analisis pengaruh iklan, kepercayaan merek, dan citra merek terhadap minat beli konsumen,” J. Ilm. Aset, vol. 13, no. 1, pp. 37–45, 2011.

F. Yusuf, “Optimalisasi Program Branding Dan Aktivasi Merek Di Era Digital,” J. Komun., vol. 7, no. 1, 2016.

Published
2021-10-04
How to Cite
Joesidawati, M. I., Suwarsih, S., & Sriwulan, S. (2021). PEMASARAN ONLINE SEBAGAI SOLUSI PENJUALAN IKAN ASAP PADA POKLAHSAR KARANGSARI DI MASA PANDEMI. Prosiding SNasPPM, 6(1), 1-5. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/779