PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI PENDIDIKAN BUDAYA DI SANGGAR KARAWITAN GENTHA BUANA LARAS DUSUN MEDOKAN, BEKTIHARJO KEC. SEMANDING KAB. TUBAN

Authors

  • Dholiful Hadi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dyah Kurniawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Risa Triassanti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Budi Susatyo Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Pendidikan karakter adalah proses pembentukan sikap, nilai, dan perilaku yang positif pada individu, dan pendidikan budaya merupakan salah satu aspek yang kuat dalam membentuk karakter anak. Dalam pendidikan budaya di sanggar, anak-anak diajarkan tentang nilai-nilai luhur budaya lokal, seperti kejujuran, kerja sama, kreativitas, disiplin, dan penghargaan terhadap sesama. Melalui pengajaran musik karawitan, anak-anak belajar untuk menghormati warisan budaya mereka dan memperkuat identitas mereka. Mereka juga dilibatkan dalam kegiatan sosial dan komunitas yang memperkaya pengalaman mereka dalam memahami keragaman budaya. Pendidikan budaya di Sanggar Karawitan Gentha Buana Laras juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan non-akademik, seperti kemampuan berkomunikasi, beradaptasi dengan perubahan, menghargai perbedaan, dan mengelola emosi. Selain itu, melalui kolaborasi dengan orangtua dan komunitas, sanggar memberikan dukungan yang kuat dalam membangun kesadaran sosial dan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan sekitar. Dengan demikian, pendidikan budaya di Sanggar Karawitan Gentha Buana Laras memiliki peran yang penting dalam meningkatkan pendidikan karakter anak-anak. Sanggar ini memberikan lingkungan yang positif dan mendukung, di mana anak-anak dapat belajar dan tumbuh dalam hal kejujuran, kerja sama, kreativitas, disiplin, dan penghargaan terhadap budaya lokal mereka. Hasil pengabdian masyarakat  ini,  dapat meningkatkan pemahaman untuk  bersikap baik pada sesama , taat pada guru dan patuh pada orangtua dan juga akan memberikan kontribusi dalam pengembangan program pendidikan karakter yang lebih luas di masyarakat dan memperkuat peran pendidikan budaya sebagai pendukung utama dalam membentuk karakter anak.

 

Kata Kunci: pendidikan budaya; pendidikan karakter; karakter anak; sanggar karawitan

References

J. Daryanto, “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SENI KARAWITAN,” in Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 2017.

M. Berliani, “Sekolah Musik Karawitan Lokananta di Surakarta,” IMAJI, vol. 1, no. 3, pp. 533–544, 2012.

N. Zuriah and F. Yustianti, Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan: menggagas platform pendidikan budi pekerti secara kontekstual dan futuristik. Bumi Aksara, 2007.

R. Listyarti, “Pendidikan karakter dalam metode aktif, inovatif, dan kreatif,” Jakarta: Erlangga, vol. 4, no. 1, 2012.

M. A. Marzuki, “Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah,” J. Pendidik. Karakter,(1), 2012.

N. Rachmawati, A. Marini, M. Nafiah, and I. Nurasiah, “Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar,” J. basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3613–3625, 2022.

M. D. K. P. G. DI and D. R. W. T. S. M. PD, “FAKLUTAS ILMU PENDIDIKAN JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN TAHUN 2019.”

T. Rahardjo, “Sekolah Biasa Saja, Catatan Pengalaman Penyelenggaraan Pendidikan Dasar di Sanggar Anak Alam (SALAM).” Yogyakarta: Progress Kadipiro, 2014.

A. Mustadi, “Pendidikan karakter berwawasan sosiokultural (Sociocultural based character education) di Sekolah Dasar, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),” Din. Pendidik. Maj. ilmu pendidikan, FIP UNY,(18), pp. 1–15, 2011.

M. Muslich and P. Karakter, “Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, cet. 2,” Jakarta Bumi Aksara, 2011.

M. Kristiawan, S. Ahmad, T. Tobari, and S. Suhono, “Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN,” J. Iqra’ Kaji. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 403–432, 2017.

Y. Wulandari and M. Kristiawan, “Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 2, no. 2, pp. 290–302, 2017.

T. P. Kemdiknas, “Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter,” Jakarta Pus. Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelit. dan Pengembangan, Kemendiknas, 2011.

C. Drake, “Values Education–Principle and Practice,” 2016.

D. Prasetyo and M. Marzuki, “Pembinaan karakter melalui keteladanan guru pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta,” J. Pendidik. Karakter, vol. 7, no. 2, 2016.

Downloads

Published

2024-02-11