PENGEMBANGAN MEDIA BRIGHT HOUSE DALAM PEMBELAJARAN IPAS MATERI ENERGI LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rofifah nindya mahalli Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sumadi Sumadi

Keywords:

Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Hasil Belajar

Abstract

Pada proses pembelajaran, peneliti telah menemukan fakta bahwa guru masih terbatas dalam menggunakan media pembelajaran, termasuk pada mata pelajaran IPAS. Berdasarkan data tersebut, maka peneliti mengembangkan media Bright House dengan tujuan nuntuk meningkatkan hasil belajar dan antusiasme siswa. Metode yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Proses pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah validasi para ahli, tes evaluasi hasil belajar dan angket respon guru beserta siswa. HasilĀ  penelitian yang didapatkan adalah persentase 94% oleh ahli bahasa, 78% oleh ahli materi, dan 82,7% oleh ahli media. Media Bright House mendapatkan kategori praktis dengan persentase dari angket respon guru 92,3% dan angket respon siswa 97,4%. Selain itu, media Bright House ini sangat efektif dengan skor 81,5% dengan peningkatannya dikategorikan sedang dan skor N-Gain sebesar 0,6. Dengan ini disimpulkan, bahwa media Bright House valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran khususnya siswa kelas V sekolah dasar serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-10-17