PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KATA BERGAMBAR (PANCATAGA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN SUMBERMULYO
Keywords:
Pancataga (Papan Kata Bergambar), Bahasa Indonesia, Hasil BelajarAbstract
Proses belajar, khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas I siswa sulit memahami apa itu suku kata, kesulitan membedakan huruf dan merangkai suku kata menjadi kata. Hal tersebut terjadi karena media yang digunkan dalam proses pembelajaran kurang menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi validitas, efektivitas, dan kepraktisan media pembelajaran papan kata bergambar untuk meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian menggunakan metode R&D dengan model ADDIE, penelitian ini melibatkan lima tahapan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjeknya termasuk siswa kelas 1 SDN Sumbermulyo, guru kelas 1, dan validator. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, angket, dan tes, kemudian dianalisis. Hasilnya memperlihatkan jika media ini layak, praktis, dan efektif digunakan, dengan validasi media mencapai 95% dan validasi materi 90% , validasi bahasa memperoleh 86%. Respon guru memperoleh persentase sebesar 96% dari peserta didik mendapat 92%, dan ketuntasan klasikalnya 94%.