PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRSAH ALIYAH NEGERI 2 TUBAN

Authors

  • Meta Tunggal Putri Unirow
  • Dumiyati Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Problematika Guru, Kurikulum Merdeka Belajar, Ekonomi

Abstract

Kurikulum merdeka belajar merupakan gagasan kurikulum yang mewajibkan bagi peserta didik untuk mandiri. Mandiri mempunyai arti bahwa setiap peserta didik diberikan keleluasan untuk memperluas pengetauhan yang diperoleh dari proses pendidikan yang ada disekolah ataupun luar sekolah. Guru harus mampu mengembangkan keterampilan mengajarnya agar dapat mengajar dan membimbing peserta didik agar dapat memanfaatkan keterampilan berpikirnya dengan baik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka, mengidentifikasi problematika yang dihadapi oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka, serta mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara; observasi; dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data sampai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga permasalahan yang dihadapi oleh guru ekonomi dan solusi yang dilakukan guru untukĀ  menghadapi problematika penerapan kurikulum merdeka. Tiga permasalahan tersebut yakni guru kesulitan beradaptasi terhadap perubahan dari kurikulum lama menjadi kurikulum merdeka; guru kesulitan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik; guru kesulitan untuk mengubah kebiasaan lama yang diterapkan dalam kurikulum 2013. Sedangkan solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi permasalahan tersebut yaitu, Sharing pengalaman baik dengan sesama pendidik; melakukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik; keikutsertaan pelatihan atau workshop Implementasi Kurikulum Merdeka.

Downloads

Published

2024-10-19