PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA DEALER DAYA MOTOR TUBAN)

Authors

  • Tasya Alifia Nur Fadila Universitas PGRI Ronggolawe
  • Yudi Supiyanto Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media sosial, Instagram, kualitas pelayanan, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Instagram dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Dealer Daya Motor Tuban. Pendekatan yang diterapkan adalah kuantitatif korelasional dengan cara survei. Sampel studi meliputi 98 partisipan yang merupakan pengunjung dan konsumen Dealer Daya Motor Tuban, dipilih menggunakan teknik Accidental sampling. Informasi diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan regresi linier berganda dengan dukungan software SPSS versi 26. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa keputusan pembelian secara signifikan dan positif dipengaruhi oleh medsos Instagram dan mutu pelayanan, dengan hasil pengujian t untuk variabel medsos Instagram menunjukkan thitung sebesar 4,678 > ttabel 1,985, dan uji t untuk variabel mutu pelayanan menunjukkan thitung sebesar 7,116 > ttabel 1,985. Pengujian F secara simultan mengindikasikan bahwa variabel medsos Instagram dan mutu pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung sebesar 136,744 > Ftabel yang angkanya 3,09 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Disamping itu, pengujian dari koefisien determinasi memunculkan nilai Adjusted R Square dengan angka 0,737, yang menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berkontribusi sebanyak 73,7% terhadap variabel dependen, sementara sisanya 26,3% dipengaruhi faktor lainnya yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

References

Al-Hafiz, I. M., & Sanggabuana, D. (2022). Pengaruh Media Instagram, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Hijab Mazuscarf. Prosiding Jurnalistik, 203–210. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/31755

Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis peran media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928.

Budi Mahardhika, W., & Sunariani, N. N. (2019). Strategi Pemasaran Produk Makanan Catering Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 13. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i1.2015

Caniago, A. (2022). ANALISIS KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN. 11(September), 219–231. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.652

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE : KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN ( LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN ). 3(1), 211–224.

Choiriah, E. N., & Liana, L. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan. Madic, September, 236–244.

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609

Gross, J., & Wangenheim, F. Von. (2022). Influencer Marketing on Instagram : Empirical Research on Social Media Engagement with Sponsored Posts Influencer Marketing on Instagram : Empirical Research on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 22(3), 289–310. https://doi.org/10.1080/15252019.2022.2123724

Hasbi, A. Z. El, Damayanti, R., Hermina, D., & Mizani, H. (2023). Penelitian Korelasional (Metodologi Penelitian Pendidikan). 2(6), 784–808.

Hotsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. (2023). https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Maulida, W. A. R., Isyanto, P., & Yani, D. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Pt Virgi Motor Karawang. Jurnal Economina, 2(7), 1523–1534. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.624

Melinda, A., & Saragih, N. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT . Sumber Jadi Kencana Motor. Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 222–234.

Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju Batik di Toko “Florensia” Kota Sawahlunto. Jm, 3(1), 13–24.

Rahmawan, G., & Hidayat, R. (2020). Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada pengguna tokopedia. Jurnal Manajemen, 12(2), 227–232. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN

Rasyid, R. A., Moniharapon, S., Trang, I., & Strategi…, P. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media, Kualitas Layanan Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri Malalayang Manado the Effect of Promotion Strategy Through Social Media, Quality of Service. 3933 Jurnal EMBA, 6(4), 3933–3942. http://www.detikoto.com/

Supriyono, S., & Haryanti, N. (2023). the Influence of Instagram Advertising Media, Service Quality and Sales Promotion on Customer Loyalty for Classic Nyoclate …. International Journal of Economy …, December. http://ije3.esc-id.org/index.php/home/article/view/218

Suwardi, A., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Kimber (@kimbershoes). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(2), 114–156.

Syafrida, S., & Putra, P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario. Amsir Management Journal, 3(2), 79–92. https://doi.org/10.56341/amj.v3i2.184

Welsa, H., Dwi Cahyani, P., & Meidyansyah, F. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1026–1036. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1471

Downloads

Published

2024-10-21