PENGARUH SERVICE QUALITY DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE DECISION PADA KONSUMEN APOTEK JITU “17” BULU TUBAN JAWA TIMUR

Authors

  • Nanang Dewa Brata Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Handaru Indrian Sasmito Adi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

service quality, word of mouth, purchase decision, konsumen apotek

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi dampak service quality serta word of mouth terhadap purchase decision pada konsumen Apotek Jitu “17” Bulu, Tuban, Jawa Timur melalui pendekatan kuantitatif dengan metode verifikatif. Sampel penelitian diambil menggunakan metode accidental sampling dengan total responden sejumlah 96. SPSS versi 26 digunakan untuk analisis data yang terkumpul melalui penyebaran kuesioner. Hasil analisis mengungkapkan bahwa uji validitas dan reliabilitas menghasilkan data yang valid serta reliabel. Hasil uji asumsi klasik mengungkapkan data bersifat normal, bebas dari multikolinearitas, serta tidak mengalami heteroskedastisitasan. Hasil uji hipotesis mengungkapkan bahwa, service quality (X1) berdampak signifikan terhadap purchase decision (Y) dengan nilai (signifikansi 0.000 < alpha 0.05). Selain itu word of mouth (X2) juga berdampak signifikan terhadap purchase decision (Y) dengan nilai (signifikansi 0.000 < alpha 0.05. Secara simultan, service quality dan word of mouth (X1 & X2) berdampak signifikan terhadap purchase decision (Y) dengan nilai (signifikansi  0.000 < alpha 0.05). Kemudian, hasil uji koefisien determinasi mengungkapkan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 60,8%.

References

Afifi, M. F. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Apotek Viva Health Cabang Surabaya). Stiesia Surabaya.

Amaliyah, N. U. R. A. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Apotek Adam Wage Sidoarjo. Stie Mahardhika Surabaya.

Carter, S. R., Ahmed, A. M., & Schneider, C. R. (2023). The Role Of Perceived Service Quality And Price Competitiveness On Consumer Patronage Of And Intentions Towards Community Pharmacies. Research In Social And Administrative Pharmacy, 19(5), 717–727.

Carter, S. R., Ng, R., El-Den, S., & Schneider, C. R. (2022). A Patient-Reported Experience Measure For Community Pharmacy Including Development Of A Short-Form: The Perceived Service Quality Scale. Research In Social And Administrative Pharmacy, 18(8), 3369–3378. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sapharm.2021.11.011

Febriyani, N. L., Barlian, N. A., & Hidayat, Z. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Apotek Klinik Husada Mulia Kabupaten Lumajang. Jobman: Journal Of Organization And Bussines Management, 1(3), 185–195.

Hidayat, T., & Yudhi Koesworodjati, S. E. (2022). Pengaruh Word Of Mouth (Wom) Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Kopi Skuter6666 Bandung). Universitas Pasundan Bandung.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Nasution, S. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan, Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 60–69. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V6i1.35

Nusantara, B. (2021). Memahami Composite Reliability Dalam Penelitian Ilmiah.

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279–284.

Salsabila, S., Saputra, P. E., & Rosyidah, E. (2024). Keputusan Pembelian Berdasarkan Potongan Harga, Kelengkapan Produk Dan Kualitas Pelayanan Di Apotek Kimia Farma Blambangan Banyuwangi. Economics And Digital Business Review, 5(1), 329–342.

Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling. Unj Press.

Suyanto, M. A., Akmar, M., & Karundeng, D. R. (2021). Pengaruh Bauran Promosi, Harga, Display Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Apotek Anugerah Farma Di Kota Gorontalo. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(1), 75–91.

Talwar, M., Talwar, S., Kaur, P., Islam, A. K. M. N., & Dhir, A. (2021). Positive And Negative Word Of Mouth (Wom) Are Not Necessarily Opposites: A Reappraisal Using The Dual Factor Theory. Journal Of Retailing And Consumer Services, 63(October 2020), 102396. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jretconser.2020.102396

Utami, B., Setyariningsih, E., & Aulia, S. N. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Word Of Mouth Pada Apotek Mirza Farma 2 Di Era Pandemi Covid-19. Universitas Islam Majapahit.

Downloads

Published

2024-10-21