ANALISIS PENGARUH BRAND LOYALTY, BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND PREFERENCE PADA SMARTPHONE MEREK SAMSUNG DI BANYUMAS

Authors

  • RHISMA SEKAR ANGGINI UNIVERSITAS WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO
  • TRI ESTI MASITA universitas wijayakusuma purwokerto
  • CAHYANINGTYAS RIA URIPI universitas wijayakusuma purwokerto

Keywords:

brand loyalty , brand awareness , brand association, perceived quality , brand preference

Abstract

Lonjakan pertumbuhan bisnis saat ini erat kaitannya dengan meningkatnya persaingan. Industri smartphone khususnya, mengalami pertumbuhan yang signifikan. Penelitian ini mengkaji bagaimana brand loyalty, brand awareness, brand association, perceived quality mempengaruhi purchase intention melalui brand preference pada smartphone merek Samsung di Banyumas . Dilakukan terhadap 97 responden dengan menggunakan metode Accidental Sampling, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh brand loyalty, brand association terhadap purchase intention namun brand association dan perceived quality tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Brand loyalty, brand awareness, perceived quality berpengaruh terhadap brand preference namun brand association tidak berpengaruh terhadap brand preference. Brand preference memediasi brand loyalty,brand awareness,perceived quality terhadap purchase intention namun tidak memediasi antara brand association terhadap purchase intention pada smarphone merek Samsung di Banyumas.

Downloads

Published

2024-10-02