PENGARUH EKUITAS MEREK, FITUR PRODUK, KEWAJARAN HARGA, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE DI KOTA PURWOKERTO
Keywords:
keputusan pembelian, ekuitas merek, fitur produk, kewajaran harga, word of mouthAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu guna menganalisis pengaruh ekuitas merek, fitur produk, kewajaran harga dan word of mouth terhadap keputusan pembelian smartphone Iphone di Kota Purwokerto. Pelanggan yang membeli dan mempergunakan smartphone Iphone di Kota Purwokerto termasuk dalam populasi penelitian ini yang jumlahnya tidak dapat ditentukan. Penarikan sampel sebanyak 110 responden melalui metode pengambilan sampel teknik convenience sampling. Pengolahan data memakai analisis regresi linier berganda software SPSS stastistic 25. Data penelitian membuktikan persamaan regresi Y = (-1,134) + 0,131 X1 + 0,172 X2 + 0,343 X3 + 0,262 X4 + e. Nilai R Square sebanyak 84% maknanya variasi pengaruh variabel independen kepada dependen, sedangkan sisanya 16% adalah variabel berbeda yang tidak termasuk pada penelitian ini. Nilai F menunjukkan Fhitung > Ftabel (138,152 > 2,46), sehingga model dinyatakan memenuhi goodness of fit. Berdasarkan hasil uji t variabel ekuitas merek nilai thitung lebih tinggi dari ttabel (2,525 > 1,659) dengan signifikan (0,013 < 0,05), variabel fitur produk nilai thitung lebih tinggi dari ttabel (2,340 > 1,659) melalui signifikan (0,021 < 0,05), variabel kewajaran harga nilai thitung lebih tinggi dari ttabel (3,933 > 1,659) melalui signifikan (0,000 < 0,05), variabel word of mouth nilai thitung lebih tinggi dari ttabel (2,882 > 1,659) melalui signifikan (0,005 < 0,05). Sehingga semua hipotesis penelitian ini diterima. Artinya secara parsial variabel ekuitas merek, fitur produk, kewajaran harga dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Iphone di Kota Purwokerto.