DESAIN MEDIA DIAGRAM SPINTAR UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LITERASI KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Tiya Nurus Santi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Allan Firman Jaya Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Diagram, SpinTar, Kemampuan Literasi Keaksaraan Awal

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah suatu pendidikan yang sangat penting untuk menyiapkan peserta didik memasuki pendidikan selanjutnya. Melalui PAUD anak mendapatkan kesempatan untuk belajar melalui bermain dengan hal-hal yang membuat anak senang. Anak-anak ada di masa emas mereka, saat mereka dapat tumbuh dan berkembang sepenuhnya jika mereka menerima rangsangan yang tepat. Untuk membantu proses belajar literasi keaksaraan awal anak menggunakan media diperlukan saat melaksanakan pembelajaran di PAUD. Di TK Sekar Insani perkembangan kemampuan literasi keaksaraan awal anak rendah, karena penggunaan media kurang menarik dan anak sulit membedakan huruf yang bentuk dan bunyinya hamper ama. Media Pembelajaran sangat penting untuk setiap kegiatan pembelajaran terutama dalam PAUD. Media Diagram SpinTar adalah sebuah sarana  digunakan untuk membantu pendidik memberikan informasi atau pembelajaran literasi keaksaraan awal anak seperti mengenalkan huruf, simbol huruf, merangkai kata sederhana, dan menyusun huruf. Melalui media ini, peserta didik menjadi mudah merespon pelajaran dari guru. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk memberikan penjelasan tentang desain media Diagram SpinTar yang dimaksudkan untuk membantu anak-anak usia dini mengembangkan keterampilan literasi keaksaraan awal. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan dua puluh lima siswa TK Sekar Insani yang berusia antara empat sampai lima tahun. Hasil penelitian ini menghasilkan media yang dikenal sebagai Diagram SpinTar sebagai media untuk menstimulus kemampuan anak-anak usia dini untuk memahami keaksaraan awal.

References

Bidori, F., & Puspitowati, I. (2021). Pengaruh kebutuhan kognisi, preferensi risiko dan jenis kelamin terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 699-710.

Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93-102.

Ilyas, S. N., Amal, A., Asti, A. S. W., & Hajerah, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book pada Guru PAUD di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-16.

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102-119.

Mubarroroh, A., Arafik, M., Wahyuni, S., & Arifin, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun and Happy Fonetik untuk Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 732-745.

Nurhayati, N. (2018). Pemilihan media pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Permata, R. D. (2020). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 4-5 tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1-10.

Sartika, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Di RA Bani Fuad Syihabuddin. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 119-140.

Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media pembelajaran anak usia dini. Jurnal PAUD agapedia, 6(1), 49-58.

Sari, F. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Sandpaper Letter Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 1-10.

Shomiyatun, S. (2018). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 148-172.

Sukma, I., Amalia, D., & Nessa, R. (2022). Pengembangan Media Papan Pintar Untuk Pengenalan Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).

Vitaloka, W. (2022). Pengaruh Metode Sintesa Terhadap Perkembangan Membaca Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 5(2), 130-140.

Downloads

Published

2024-11-01