PENGARUH BRAND IMAGE, CUSTOMER SATISFACTION, E–SERVICE QUALITY, DAN SALES PROMOTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA PENGGUNA DOMPET DIGITAL GOPAY DI KALANGAN MAHASISWA KABUPATEN BANYUMAS
Keywords:
Brand image , Customer satisfaction , E-service Quality , Sales promotion , Customer loyaltyAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Brand image , Customer satisfaction, E-service Quality, dan Sales promotion memengaruhi Customer loyalty mahasiswa di Kabupaten Banyumas yang menggunakan dompet digital GoPay. Mahasiswa di Kabupaten Banyumas yang menggunakan dompet digital GoPay adalah populasi dari penelitian ini. Teknik purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel dari seratus individu. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji untuk validitas dan reliabilitas. Metode regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis dari data yang digunakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) brand image memiliki efek positif dan signifikan terhadap customer loyalty yang ditunjukkan oleh nilai thitung (5,686) > ttabel (1,661), (2) customer satisfaction memiliki efek positif dan signifikan terhadap customer loyalty yang ditunjukkan oleh thitung (3,377) > ttabel (1,661), (3) e-Service quality memiliki efek positif dan signifikan terhadap customer loyalty hal yang ditunjukkan oleh thitung (2,475) > ttabel (1,661), (4) sales promotion tidak memiliki pengauh terhadap customer loyalty yang ditunjukkan dengan thitung (0,933) < ttabel (1,661). Oleh karena itu, hipotesis pertama, kedua, dan ketiga dinyatakan diterima, sementara hipotesis keempat dalam penelitian ini ditolak
References
Adisti, Y. R., Lusianti, D., & Faidah, F. (2024). Impact of product design and sales promotion on eiger customer loyalty. Journal of Student Research Exploration, 2(1), 34-43.
Astuti, N. (2016). Hubungan Citra Merek Dengan Loyalitas Merek Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3), 432–438. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4104
Bank Indonesia (2020). Kanal dan Layanan. Diakses pada 25 Februari 2023, dari https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx#Dompet-Elektronik
Bintari, W. P., Udayana, I., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Usability, Information Quality, dan Service Interaction Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri). Jurnal Perspektif, 20(1), 68–75. https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.12286
Databoks.katadata (2022, 07 Februari). Pengguna Internet di Dunia Capai 4,95 Miliar Orang Per Januari 2022. Diakses pada 25 Februari 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/pengguna-internet-di-dunia-capai-495- miliar-orang-per-januari-2022
Databoks.katadata (2022, 20 September). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 juta Orang hingga Awal 2023. Diakses pada 25 Februari 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia- tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023
Databoks.katadata (2023, 25 Juli). Survey pengguna dompet digital : Gopay dan Ovo bersaing ketat. Diakses pada 25 Februari 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/25/survei-pengguna-dompet-digital- gopay-dan-ovo-bersaing-ketat
Databoks.katadata (2022, 09 Juli). Populix Ungkap 64% Orang Indonesia Punya Aplikasi Keuangan di Ponsel. Diakses pada 25 Februari 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/09/populix-ungkap-64-orang-indonesia- punya-aplikasi-keuangan-di-ponsel
Detikinet (2022, 29 November). "GoPay Jadi Dompet Digital yang Banyak Dipakai di Indonesia". Diakses pada 25 Februari 2023, dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-6433014/gopay-jadi- dompet-digital-yang-banyak-dipakai-di-indonesia
Dewi, N. P. K., & Ramli, A. H. (2023). E-Service Quality, E-Trust dan E-Customer Satisfaction Pada E-Customer Loyalty dari Penggunaan E-Wallet OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2). https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.2000
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas (2023, 08 Desember). "Perguruan Tinggi? Jumlah Mahasiswa dan Tenaga Pendidik dan Program Studi di Kabupaten Banyumas". Diakses pada 14 Juli 2024, dari https://dimassatria.banyumaskab.go.id/gerbangdata/statictable/28/pendidikan/517/perguruan- tinggi-jumlah-mahasiswa-dan-tenaga-pendidik-dan-program-studi-negeri-dan-swasta-di- bawah-kementerian-pendidikan-kebudayaan-riset-dan-teknologi-di-kabupaten-banyumas- semester-ganjil-20222023
Fintech Indonesia (2020). "GoPay PT Dompet Anak Bangsa". Diakses pada 11 Mei 2024 dari https://www.fintech.id/en/member/detail/89#:~:text=Fintech%20Indonesia&text=GoPay%20( PT%20Dompet%20Anak%20Bangsa,yang%20berdiri%20pada%20tahun%202016.
Gojek.com (2024, 24 Februari). "Promo GoPay PayDay : Diskon, Cashback, & Voucher Cashback". Diakses pada 11 Mei 2024, dari Promo GoPay PayDay: Diskon, Cashback, & Voucher Cashback (gojek.com)
Good.Stats (2023, 30 Juni). Menilik Perkembangan Pengguna Internet 2013-2023. Diakses pada 25 Februari 2023, dari https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/menilik- perkembangan-pengguna-internet-2013-2023-uV8Ws
Hilmawati, I. (2022). Pengaruh E-service Quality dan Sales Promotion terhadap Customer Loyalty pada Transportasi Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 5-10.
Jovanna, D. M., & Hakimah, E. N. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Fintech Gopay. Simposium Manajemen Dan Bisnis, 852–856.
Juwaini, A., Chidir, G., Novitasari, D., Iskandar, J., Hutagalung, D., Pramono, T., Maulana, A., Safitri, K., Fahlevi, M., Sulistyo, A. B., & Purwanto, A. (2022). The role of customer e-trust, customer e-service quality and customer e-satisfaction on customer e-loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(2), 477–486. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.12.006
Kalam, A. L., & Izzah, F. N. (2022). Intensitas Kepercayaan Konsumen , Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Customer Chatime Di Mall Ciputra Semarang . 9(1), 47–59.
Muna, N. M. R. U., Suzana, A. J., Uripi, C. R., & Pahlevi, A. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Persepsi Harga Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett Whitening Di Kota Banjarnegara. Majalah Imiah Manajemen dan Bisnis, 21(1), 214-224.
Nasution, H. (2019). European Journal Of Management And Marketing Studies The Effect Of E- Service Quality On E-Loyalty Through E-Satisfaction On Students Of Ovo Application Users At The Faculty Of Economics. European Journal Of Management And Marketing Studies, 4(1), 146–162. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.3360880
Pieter, & Astono, A. D. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan
Pelanggan Restoran Eatlah Ho Chick Minh. Jurnal Kewirausahaan, 8(1), 70–76.
Putri, F. N. (2019). Pelanggan Melalui Kepuasan ( Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Kota Malang ) Fara Nursyah Putri Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Dosen Pembimbing Dr . Mugiono ., Se ., Mm ., Cma. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 7(2).
Rachmawati, D. I., & Jaenudin, J. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan, Dan Kualitas Pelayanan Dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan. SMART Management Journal, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.53990/smj.v3i1.201
Rahayu, S., & Nurlaela Wati, L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis, Dan Manajemen, 8(2), 1–20. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis
Sakinah, & Ismunandar, I. (2022). Analisis Loyalitas Pelanggan Pada Skincare Wardah Dikota Bima. JUEB : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 38–43. https://doi.org/10.55784/jueb.v1i2.107 Saragih, M. H., & Prayitta, A. D. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan dan Branding Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Dompet Digital Shopeepay sebagai Metode dan Teknik Pembayaran. Jurnal Simki Economic, 6(1), 19–30.
https://doi.org/10.29407/jse.v6i1.156
Sativa, A., Astuti, R. T., & Manajemen, J. (2016). Analisis Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna E-Commerce C2C Tokopedia). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Soetanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Keandalan Pengirimian, dan Promosi Penjualan terhadap Kepuasan Pelanggan Online Shop di Instagram. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 6(2).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta Bandung.Supriyanto. (2022). Promosi Penjualan dan E-Service Quality pada Pengguna Dompet Digital Shopeepay Mahasiswa Administrasi Binsis. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(7), 2548–1398.
Syahidah, A. A., & Aransyah, M. F. (2023). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap E- Customer Loyalty Pada Pengguna Dompet Digital DANA Melalui E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 12(1), 36–44. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v12i1.1593
Tjiptono (2014). Service marketing: Principles, Application, and Research. one edition. Yogyakarta Wulandari, C. K., & Prabowo, B. (2023). Analisis Variabel-variabel yang Mempengaruhi Pembentukan Brand Loyalty pada E-Wallet OVO. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains),
8(1), 281. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.984
Yuliana, & Purnama, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PO. Titian Mas Cabang Bima. Manajeman Pemasaran Jasa, 4(2), 9