PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, CITRA MEREK, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI SKINCARE MS GLOW PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO

Authors

  • Aretha Devy Okkyana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Andhi Johan S Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Ady Achady S Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Keywords:

celebrity endorser, citra merek, electronic word of mouth, persepsi harga, minat beli

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, citra merek, electronic word of mouth, dan persepsi harga terhadap minat beli skincare MS Glow pada mahasiswa di Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuesioner. Populasi penelitian ini mahasiswa Universitas Wijayakusuma Purwokerto yang berminat pada produk MS Glow. Jumlah populasi tidak diketahui, dan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, diperolah 100 sampel. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap minat beli mahasiswa, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa, E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa, dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa. Implikasi penelitian ini adalah pihak MS Glow sebaiknya memilih selebriti yang berkharisma dan disukai oleh banyak orang pada masa kini, menciptakan lebih banyak variasi produk yang mampu memenuhi kebutuhan kulit konsumen, dan mengutamakan berpromosi lewat media sosial agar calon pembeli dapat melihat ulasan positif sehingga dapat mendorong mereka untuk membeli produk MS Glow, serta perlu mempertahankan kualitas produk dan harga yang terjangkau. Kemudian untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain seperti kualitas produk, promosi, penawaran discount, kepercayaan, brand ambassador, dan kualitas website, serta peneliti dapat meneliti di lingkup yang lebih luas.

Downloads

Published

2024-10-02