DESAIN MEDIA KOHU (KOTAK HURUF) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA 3-4 TAHUN

Authors

  • Dewi Rokhayah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Siti Marli'ah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Desain Kohu, Kemampuan Literasi, Anak Usia Dini

Abstract

Masa kanak-kanak sangat penting untuk perkembangan kognitif, terutama untuk penguasaan literasi awal. Anak-anak mulai menyukai huruf dan belajar membaca pada usia 3-4 tahun. Tujuan dari research ini adalah untuk menghasiIkan media pembelajaran yang tepat dan menarik untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa yang berusia antara 3 dan 4 tahun. Tujuan dari media pembelajaran ini adalah untuk membuat KOHU, yang terdiri dari kotak kayu yang berisi panduan penggunaan, huruf alfabet, dan kartu gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and GaII yang telah dimodifikasi oleh Sugiyno, menggunakan delapan dari sepuluh tahap yang disarankan oleh Sugiyno, yaitu identifkasi potensi dan masalah, pengumpulan data, perancangan produk, vaIidasi desain, revisi desain, pengujian produk, revisi produk, dan pengujian penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KOHU sangat efektif dalam merangsang kemampuan literasi awal pada anak-anak usia 3-4 tahun. Anak-anak mengalami peningkatan dalam pengenalan huruf, kemampuan membaca, dan minat terhadap kegiatan membaca. KOHU juga dinilai mudah digunakan dan menarik bagi anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, KOHU disimpulkan sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk merangsang kemampuan literasi awal pada anak usia 3-4 tahun, dan dapat dimanfaatkan oleh pendidik, wali murid, serta semua pihak yang menggeluti dalam pendidikan anak usia dini untuk membantu anak-anak belajar membaca dan menulis.

References

Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum, S. (2015). Penelitian tindakan kelas. Citapustaka Media.

Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan media pembelajaran fisika berupa buku saku berbasis android pada materi fluida statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 63-70.

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran sains. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133-140.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi pendidikan nasional, 2(1), 93-97.

Garini, D. P. (2018). Analisis Peran Insentif Dan Daya Beli Masyarakat Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada CV Prima Jaya Motor Dayamurni, Tulang Bawang Barat) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2021). Efektivitas permainan zuper abase berbasis android sebagai media pembelajaran asam basa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 92-97.

Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah khususnya SMA/SMK di zaman serba digital. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101-109.

Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161-170.

Maryatun, I. B. (2016). Peran pendidik PAUD dalam membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Mushlihah, K., Yetri, Y., & Yuberti, Y. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis multi representasi bermuatan sains keislaman dengan output instagram pada materi hukum Newton. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 207-215.

Purnamasari, B. N., Nirwana, N., & Asri, S. A. (2019). Penerapan pembelajaran literasi dalam menstimulasi keaksaraan awal anak usia dini. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Rahmawati, F., & Nawangsari, N. A. F. (2022). Pengaruh Metode Bottom-Up Processes Reading Dengan Media Kartu Terhadap Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Psikologi dan Kesehatan (SIKONTAN), 1(2), 73-82.

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan media big book untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19-28.

Sunuyeko, N., Argarini, D. F., Patricia, F. A., & Wafa, M. A. (2022). Pemanfaatan Pojok Literasi Sekolah dalam Gerakan Literasi Sekolah Dasar Negeri 3 Bandungrejo. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(2), 160-164.

Suwandi, S. (2018). Pembelajaran bahasa Indonesia yang mencerdaskan dan tanggung jawab menghasilkan generasi literat. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2).

Downloads

Published

2024-11-01