PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN WEBSITE, KEPERCAYAAN, POSITIVE ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET ONLINE BIOSKOP DI PURWOKERTO

Authors

  • Wiwit Dwi Cahya Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Arinastuti Arinastuti Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Akbar Pahlevi Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Keywords:

keputusan pembelian, kemudahan penggunaan website, kepercayaan, positive online customer review, gaya hidup

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memahami bagaimana beberapa variabel, seperti seberapa mudah menggunakan website, kepercayaan, positive online customer review, dan gaya hidup, memengaruhi keputusan seseorang untuk membeli tiket online untuk bioskop di Purwokerto. Konsumen bioskop di Purwokerto (CGV atau Rajawali) yang pernah membeli tiket secara online adalah subjek penelitian ini. Rumus Cochran digunakan untuk mengumpulkan sample seratus orang. Analisis regresi Iinear berganda dilakukan menggunakan program SPSS versi 25, menghasilkan persamaan regresi  linear berganda sebagai berikut: Y = 3,099 + 0,120X1 + 0,216X2 + 0,207X3 + 0,309X4 + e. Nilai R² sebesar 0,606 menunjukkan bahwa variabel independen mampu menjelaskan 60,6% dari variabel dependen, sementara 39,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Uji F mengindikasikan bahwa nilai F hitung (39,059) lebih besar dari F tabel (2,467), sehingga model regresi dinyatakan layak untuk mengestimasi populasi. Uji t menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan web berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung 2,048 yang lebih besar dari nilai t tabel 1,661. Ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima. Nilai t hitung untuk variabel kepercayaan sebesar 2,751 lebih besar dari nilai t tabel 1,661, yang berarti kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sehingga hipotesis kedua juga diterima. Selain itu, nilai t hitung untuk variabel positive online customer review sebesar 3,452 lebih tinggi dari nilai t tabel 1,661, menunjukkan bahwa positive online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sehingga hipotesis ketiga diterima. Terakhir, nilai t hitung untuk variabel gaya hidup sebesar 3,421 lebih besar dari nilai t tabel 1,661, yang berarti gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sehingga hipotesis keempat diterima.

Downloads

Published

2024-10-02