EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
Kata Kunci:
kooperatif, NHT, TPS, pengetahuan awal, hasil belajar, pemahaman konsepAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi kualitas proses dan hasil pembelajaran fisika pada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika masih belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi (1) perbedaan hasil belajar pemahaman konsep fisika pada pembelajaran kooperatif tipe NHT vs TPS), (2) perbedaan hasil belajar pemahaman konsep fisika antara mahasiswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah, dan (3) ada tidaknya pengaruh interaksi pe- nerapan pembelajaran kooperatif (NHT vs TPS) dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar pemahaman konsep fisika. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Unirow Tuban yang memprogram mata kuliah Fisika Dasar I pada TA 2011/2012. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment pretest-postest non-equivalent control group design. Prosedur penelitian terdiri dari pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, uji coba instrumen dan strategi pembelajaran, pelaksanaan/pengumpulan data penelitian, analisis data, dan penari- kan simpulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Two Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar pemahaman konsep fisika maha- siswa antara kelompok pembelajaran kooperatif NHT dengan kelompok pembelaja- ran kooperatif TPS tidak berbeda secara signifikan, (2) hasil belajar pemahaman konsep fisika antara kelompok mahasiswa pengetahuan awal tinggi dengan ke- lompok mahasiswa pengetahuan awal rendah berbeda secara signifikan; (3) ada pengaruh interaksi yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran kooperat- if dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar pemahaman konsep fisika.
Referensi
Ausubel, D.P., Novak, J.D. & Hanasian, H. 1968. Educational Psychology: A Cognitive View (2 nd Ed.). New York : Holt, Rinehart and Winston.
Beskeni, R.D., Yousuf, M.I., Awang, M.M., & Ranjha, A.N. 2011. The Effect of Prior Knowledge in Understanding Chemistry Concepts by Senior Secon-dary School Students. International Journal of Academic Research, Vol.3 No.2. March, 2011
Degeng, I N. S. 2007. Modul Workshop Strategi Pembelajaran, Desain & Pengem- bangan Buku Ajar. Innovative Taching Methodology Training. Jember : PPSB STAIN. Dick, W., Carey, L. & Carey, J. 2001. The Systematic Design of Instruction (5 th Ed). New York : Longman.
Hailikari, T. 2009. Assessing University Students’Prior Knowledge, Implications for Theory and Practice. Helsinki: University of Helsinki Departement of Education Research Report 227.
Kagan, S. 1994. Cooperative Learning. San Clemente, CA: Kagan Publishing, (Online), (www.KaganOnline.com, diakses 28 Oktober 2009).
Prastiti, T.D. 2007. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran RME dan Pengetahuan Awal terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematika Sis-wa SMP Kelas VII. Didaktika, Vol.2 No.1 Maret 2007 : 199-215. (Online), (http://utsurabaya.files.wordpress.com/2010/08/friday. pembelajaran-mate- matika-rme.pdf, diakses 5 Mei 2010).
Santyasa, I W. 2009. Pengembangan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika bagi Siswa SMA dengan Pemberdayaan Model Perubahan Kon- septual Berseting Investigasi Kelompok. Universitas Pendidikan Ganesha. (Online),(http://www.freewebs.com/santyasa/pdf2/PENGEMBANGAN PEMA- HAMAN_KONSEP.pdf, diakses 28 April 2010).
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research And Practice. Boston : Allyn and Bacon.