PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MA- TEMATIKA SISWA SMP
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Learning Cycle, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar MatematikaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji perbedaaan hasil belajar ma- tematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) untuk menguji perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah, (3) untuk menguji pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Merakurak dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan model pembelaja- ran Langsung berdasarkan perhitungan data tes hasil belajar matematika menunjuk- kan bahwa melalui penerapan model pembelajaran learning cycle diperoleh rata-rata sebesar 86,22 dan model pembelajaran langsung diperoleh rata-rata sebesar 78,77,
(2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mem-
iliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah berdasarkan hasil perhitungan data tes hasil belajar kelompok siswa yang memiliki motivasi berpres- tasi rendah memperoleh skor rata-rata sebesar 77,81 dan kelompok siswa yang mem- iliki motivasi berprestasi tinggi memperoleh skor rata-rata sebesar 87,15, (3) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika berdasarkan hasil perhitungan data hasil belajar matematika menunjukkan bahwa pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika diperoleh harga Fhitung =
2,851 dengan nilai sig. 0,098.
Referensi
Arifin, Zainal, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Lentera Cendikia
Arikunto, Suharsimi, 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Barakatu, Rahman, A. 2007. Membangun Motivasi Berprestasi. (online). (http://ejurnal . uin – alauddin . ac . id / artikel / 03 Membangun Motivasi berprestasi - Abdul Rahman Barakatu.Pdf.), diakses tanggal 28 April 2013
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Kauchak, dan Eggen, 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran. Jakarta : PT Indeks Listyotami, Kusuma, M. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Ma- tematika Siswa Kelas VIII A SMP N 15 Yogyakarta Melalui Model Pem- belajaran Learning Cycle 5E. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/2043/1/Mega_Kusuma_Listyotami_%28NIM.07301244031%29.pdf), di- akses tanggal 28 April 2013
Sugianto, Dwi, 2010. Belajar Dan Pembelajaran I. Tuban : Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Sujarwo, 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran (Inkuiri Terbimbing dan Eksposi- tori) Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa SMA yang Memiliki Tingkat Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Berbeda. (Disertasi) Prodi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Suprijono, Agus, 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
Wena, Made, 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara