MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Kata Kunci:
model pembelajaran quantum, pemecahan masalahAbstrak
Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran Quantum untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa merupakan kemampuan siswa dalam mengkoordinasi pengalaman, pengetahuan, pemahaman dan intuisi dalam rangka mencari jalan keluar atau ide. Di dalam memecahkan masalah, siswa diharapkan mampu memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Dalam pembelajaran matematika seharusnya siswa mengetahui apa manfaat nya sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan model pembelajaran Quantum dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Prinsip utama pembelajaran quantum berbunyi “bawalah dunia mereka(pembelajar) ke dalam dunia kita (pengajar), dan antarkan dunia kita (pengajar) ke dalam dunia mereka (pembelajar). Dengan kekuatan AMBAK (Apa Manfaat BagiKu) dari permasalahan kehidupan sehari-hari maka memungkinkan siswa akan antusias dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Referensi
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk Matematika SMP-MTs. Jakarta: BSNP.
Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
De Porter, Bobbi, Reardon Mark, Singer Sarah dan Nourie. 2000. Quantum Teach- ing. Editor, Hernacki, Mike. Diterjemahkan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta.
Erman Suherman dkk. (2001). Common textbook : Strategi dan Pembelajaran Ma- tematika Kontemporer. Bandung: JICA_UPI.
Hudoyo, H. 1988. Strategi Mengajar Matematika. Jakarta: DepDikbud.
Lidiawati Santioso, Lucy. 2010. Mendidik Sesuai dengan Minat & Bakat Anak. (Cetakan ke-2). Jakarta: PT Tangga Pustaka.
Meier, Dave. 2010. The Accelerated Learning. Bandung: Kaifa.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.