Atribut Soft Skill untuk Mahasiswa Calon Guru Matematika

Penulis

  • Wiwin Sri Hidayati

Kata Kunci:

atribut soft skills, mahasiswa calon guru matematika

Abstrak

Soft Skills  adalah jalinan interpersonal dan intrapersonal yang dimiliki oleh setiap individu. Tujuan dari penulisan  ini adalah menemukan atribut soft skills untuk mahasiswa calon guru matematika dalam praktek mengajar.

Rancangan untuk menemukan atribut soft skills yang diperlukan oleh mahasiswa calon guru matematika  dengan membaca lalu menelaah buku-buku terkait dengan soft skills dan diskusi dengan pusat kajian soft skills di tingkat Program studi Pendidikan Matematika. Data akan dianalisis untuk mendapatkan atribut soft skills untuk mahasiswa calon guru pendidikan matematika dalam praktek mengajar secara teoritis.

Secara teoritis, atribut soft skills yang diperlukan oleh mahasiswa calon guru matematika dalam praktek mengajar antara lain, komunikasi matematika, manajemen stres, dan manajemen waktu.

Referensi

Ageng, P. 2011. "Tips Manajemen Waktu yang Efisien". (http://www.apotas.com/tips- manajemen-waktu-yang-efisien/, diakses tanggal 29 Desember 2011).

Armiati. 2009. "Komunikasi Matematis Dan Kecerdasan Emosional". Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Barrick, Murray R., and Michael K. Mount. "The Big Five Personality Dimensions and Job Performance: A Meta_Analysis". Personnel Psychology, 44:1-26, 1991.

Chaturvedi, A .2011. "Communicative Approach toSoft & Hard Skills". Jurnal VSRD- IJBMR, Vol. 1 (1), 2011, 1-6.

Coates, D.E. 2006. People Skill Training: Are You Getting a Return on Your Investmen.(http://www.2020insight.net/Docs4/PeopleSkill.pdf, diakses tanggal 15 Juli 2010).

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Djajendra. 2011. "Tiga Hal Dalam Soft Skills Yang Tidak Boleh Diabaikan".( http://kecerdasanmotivasi.wordpress.com/2011/07/24/tiga-hal-dalam-soft- skills-yang-tidak-boleh-diabaikan/, diakses tanggal 30 November 2012).

Donata. 2010. "How to Differentiate Between Hard Skills And Soft Skills" (http://factoidz.com/job-requirements-the-importance-of-hard-skills-and-soft- skills-in-the-workplace/. diakses tanggal 30 November 2012).

Domínguez, Higinio.2004. "Non-Verbal Communication of Bilingual Students Solving Mathematics Problems" Symposium Proceedings. Elfindri, dkk. 2010. Soft Skills untuk Pendidik. Baduose Media.

Fatia, Puteri. 2011. Bahasa Tubuh yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja. (http://id.she.yahoo.com/bahasa-tubuh-yang-harus-dihindari-saat-wawancara- kerja-.html, diakses tanggal 17 April 2011).

Gunarya, A.2008. Manajemen Stress.UNHAS: Pusat Bimbingan dan Konseling.

Harun, R. 2010. "Komunikasi Nonverbal Widyaiswara". (http://zainuri.com/komunikasi-non-verbal-widyaiswara/. Diakses tanggal 20 Januari 2011).

Jones, S. 2006. Language and Diversity Assigment. (hppt:/www.darmouth.edu/pubs/style/style-guide.pdf. diakses tanggal 13 Desember 2009).

Jordan, P.J., Ashkanasy, N.M., Hartel, Ch.E.J. & Hooper, G.S. 2002. "Workshop Emotionaal Intelligence. Scale Develpoment and Relationship toTeam Process Effectiveness and Goal Focus". Human Resource Management Review, 12, 195-214.

Kechagias, K. 2011. Teaching and Assessing Soft Skills. Publisher: 1st Second Chance School of Thessaloniki (Neapolis) Str. Strempenioti, 1st and 3rd Gymnasium 56760 Neapolis (Thessaloniki).

Klaus, P. 2007. The Hard Truth About Soft Skills. Collins Harper.

Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mu’addab,H.2010. "Pengertian soft skills dan hard skills" (ttp://hafismuaddab.wordpress.com/2010/02/13/pengertian-soft-skill-dan-hard- skill/, diakses tanggal 13 Pebruari 2010).

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Prinsiples and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

National Council of Teachers of Mathematics. 2003. NCTM Program Standards. Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. Standards for Secondary Mathematics Teachers. ( http://www.nctm.org/ uploadedFiles/Math_Standards/diakses tanggal 3 Oktober 2011).

Patrick S. O. 2001. Making College Count: a Real Wolrd Look at How to Succeed in and After College, Monster.Com, USA.

Rani, S.M. E .2006. "Need and Importance Of Soft Skills In Students". Vol.-II 3 Jan-June (Summer) 2010. (http://www.inflibnet.ac.in/ojs/index.php/JLCMS/article/viewFile/119/116, diakses tanggal 30 November 2012).

Rani, S.M. E .2006. "Need and Importance Of Soft Skills In Students". Vol.-II 3 Jan-June (Summer) 2010. (http://www.inflibnet.ac.in/ojs/index.php/JLCMS/article/viewFile/119/116, diakses tanggal 30 November 2012).

Rbaryans, 2007, "Komunikasi dalam matematika" (http://rbaryans.wordpress.com/2007/05/30/komunikasi-dalam-matematika/, diakses tanggal 7 Sept 2011).

Sailah, I. 2006. Pengembangan Soft Skills di Perguruan Tinggi. Jakarta: Tim Kerja Pengembangan Soft Skiils Direktorat Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sari, A.R. (2011). "Penentuan Kegiatan Belajar Mengajar". (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Annisa%20Ratna%20Sari, %20M.S.Ed./PPA-KBM.pdf., diakses tanggal 19 September 2011).

Schulz, B. 2008. "The Importance of Soft Skills: Education beyond academic knowledge". NAWA Journal of Language and Communication, 2(1), 146-154 June 2008.

Sharma, A. 2009. Professional Development for Teachers.(http://schoolofeducators.com/2009/02importance-of-soft-skills- development-in-education, diakses tanggal 30 Juli 2010).

Shadiq, A. 2004. " Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi" Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar, Yogyakarta.

Sitompul, N.C. 2011. "Perilaku Komunikasi Nonverbal Guru dalam Kelas Pembelajaran". Disertasi Doktor Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sobandi, B. 2009. "Optimalisasi Soft Skill Melalui Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan" Makalah disajikan dalam Lokakarya Peningkatan Intensitas dan Volume Kegiatan Kemahasiswaan Melalui Workshop Pengembangan Soft Skill Mahasiswa pada Tanggal 17-18 Februari 2009 di Universitas Bung Hatta Padang.

Sucipta, I. N. 2009. Holistik Soft Skills. Bali: Udayana University Press.

Sudrajat, A. 2009. "Standar Pelaksanaan Proses Pembelajaran". (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2009/05/26/standar-pelaksanaan-1roses- pembelajaran/. Diakses tanggal 10 Januari 2010)

Usman, M.U. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widhiarso, W. 2009. "Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Umum Kependidikan". Makalah disampaikan pada kegiatan seminar dan sarasehan di FIP UNY
tanggal 14 Februari 2009.

Wikipedia. 2010. "Soft skills " .(http://en.wikipedia.org/wiki/Soft_skills, diakses tanggal 20 Januari 2010).

Yuliani, S. 2012. "Apa itu Soft Skills". (http://sriyuliani.staff.fisip.uns.ac.id/kuliah/apa- itu-soft-skills/, diakses tanggal 30 November 2012).

Zhang, A. 2012. "Cooperative Learning and Soft Skills Training in an IT Course" Journal of Information Technology Education: Research Volume 11, P 67-79.

Diterbitkan

2014-08-04

Cara Mengutip

Sri Hidayati, W. (2014). Atribut Soft Skill untuk Mahasiswa Calon Guru Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 277–292. Diambil dari http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/31