KUALITAS KONSTRUKSI BUKTI MATEMATIS: STUDI EKSPLORATIF PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR

Penulis

  • Isnarto

Kata Kunci:

bukti matematis, konstruksi bukti, struktur aljabar

Abstrak

Tulisan ini memaparkan hasil dari suatu kajian ekploratif terhadap kualitas konstruksi bukti mahasiswa dalam mata kuliah Struktur Aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model grounded theory melalui 3 tahap yakni open coding, selective coding dan theoretical coding. Penelitian ini merupakan eksplorasi dari penelitian tahap pertama tentang keefektifan guided discovery learning pendekatan Motivation to Reasoning and Proving (MRP) Tasks dalam kelas Struktur Aljabar. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa mendapatkan 4 soal untuk mengukur kemampuan konstruksi bukti. Pada tahap open coding, peneliti melakukan analisis pekerjaan mahasiswa terhadap keempat soal tersebut untuk menentukan kategori yang relevan. Dalam tahap selective coding, peneliti melakukan seleksi dan pendalaman terhadap temuan kategori melalui wawancara dengan responden yang diambil berdasarkan sampel teoritis. Dalam tahap theoretical coding ditemukan bahwa kualitas konstruksi bukti dapat ditentukan  berdasarkan  6  kategori  yakni  langkah  awal,  alur  pembuktian,  konsep  terkait,  argumen, ekspresi kunci, dan bahasa pembuktian. Berdasarkan keenam kategori tersebut, jenjang kemampuan konstruksi bukti mahasiswa dapat dikelompokkan ke dalam tiga tingkat.

Referensi

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Cyr, Stephane. (2013). Development of Beginning Skills in Proving and Proof- Writing by Elementary School Students. Tersedia di: www.cerme7.univ. rzeszow.pl/WG/1/Cerme7_WG1_Cyr.pdf [Diakses tanggal: 31 Januari 2013]

Hanna, Gila, et al. (2010). Explanation and Proof in Mathematics. New York: Springer.

Jones, Michael and Alony, Irit (2011). Guiding the Use of Grounded Theory in Doctoral Studies. International Journal of Doctoral Studies, 6 (N/A), 95-
114.

Moursund, Dave (2007). Computational Thinking and Math Maturity. University of Oregon, Eugene, Oregon 97403

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non- Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Schwarz, Björn & Kaiser, Gabriele (2009). Professional Competence of Future Mathematics Teachers on Argumentation and Proof and How to Evaluate It. Proceedings of the ICMI Study 19 Conference: Proof and Proving in Math- ematics Education

Spronsen, Hillary Dee Van (2008). Proof Processes of Novice Mathematics Proof Writers. Dissertation of Doctor of Philosophy in Mathematics Education The University of Montana Missoula, MT

Suryadi, Didi (2007). Model Bahan Ajar Dan Kerangka Kerja Pedagogi Matematika Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi. Laporan Penelitian: Tersedia di: http://didi- suryadi.staf.upi.edu/ artikel/

Takac, Zdenko (2009). Influence of MRP Tasks On Students' Willingness To Reasoning And Proving. Proceedings of the ICMI Study 19 conference: Proof and Proving in Mathematics Education

Diterbitkan

2014-08-04

Cara Mengutip

Isnarto. (2014). KUALITAS KONSTRUKSI BUKTI MATEMATIS: STUDI EKSPLORATIF PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 111–120. Diambil dari http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/15