Writing Gesture Siswa Autis dalam Pembelajaran Matematika
Kata Kunci:
writing gesture, siswa autis, pembelajaran matematikaAbstrak
Karakteristik mendasar siswa autis dalam belajar matematika dapat dilihat dari gesture (gerak tubuh). Salah satu jenis gesture adalah Writing Gesture (gerak/isyarat pada tulisan). Writing gesture terjadi ketika gerak/isyarat meninggalkan bekas per- manen pada media baru (misalnya lembar kerja, papan tulis, atau representasi visual). Gesture ini dapat digunakan untuk melihat kemampuan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah matematik.
Pada pembelajaran matematika, siswa autis akan lebih mudah memahami materi secara visual (melalui gambar atau gerakan) di banding dengan ucapan. Jika siswa melakukan gerakan yang sama berulang kali, maka hal ini menunjukan sesuatu ket- ertarikan yang berlebihan pada suatu objek tertentu. Fokus masalah pada kajian ini ada- lah bagaimana writing gesture siswa autis dalam pembelajaran matematika. Observasi dilakukan dengan merekam proses pembelajaran matematika di kelas, tujuannya untuk melihat secara audio visual setiap gesture yang muncul. Hasil observasi mendeskripsi- kan bahwa writing gesture membantu memahami bagaimana siswa autis dalam memec- ahkan masalah matematika.
Referensi
Kumar, Vijaya. 2009. A Little Book of Body Languange. Tangerang: Karisma Publish- ing Group.
Mustafa, Sriyanti. 2014. Karakterisasi Proses Berpikir Matematis dalam Representa- tional Gesture pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Siswa Autis). Pro- posal disajikan dalam Seminar Proposal/Kualifikasi Lisan, Prodi Pendidikan Ma- tematika UM, Malang 10 April 2014.
Shein, Paichi Pat. 2012. Seeing With Two Eyes: A Teacher’s Use of Gestures in Questioning and Revoicing to Engage English Language Learners in the Repair of Mathematical Errors. Journal for Research in Mathematics Education, 2, (43).
Sumarna, Saleem Hardja. 2013. Jago Membaca Pikiran dan Perasaan Orang Lain Lewat Bahasa Tubuh. Klaten: Galmas Publisher.
Turafanany, Lares. 2012. Trik Jitu Membaca Pikiran Orang Lain Lewat Bahasa Tubuh. Yogyakarta: Pinang Merah Publisher.
The National Autism Center’s (NAC). 2011. A Parent’s Guide to Evidence-Based Prac- tice Autism. Australia. (Online), (http://www.nationalautismcenter.org/pdf/nac_parent_manual.pdf ), diakses 21 Maret 2014.
Yoon, Caroline, dkk. 2011. Gestures and Insight in Advanced Mathematical Thinking. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 42 (7), hlm. 891–901.